Senin, 19 November 2012

mengenal ukuran kecepatan akses internet

  

Mengenal Ukuran Kecepatan Akses Internet
KECEPATAN AKSES INTERNET 


Untuk memindahkan data dari satu komputer ke komputer lain di internet , kecepatan transfer data merupakan hal yang sangat dipertimbangkan. kita ingin data yang ditransfer cepat terkirim untuk agar dapat gunakan atau pelajari. Cepat lambatnya perpindahan data dari sebuah komputer server di internet ke komputer sangat bergantung pada kecepatan transfer data dari provider yang digunakan. Kecepatan transfer data dinyatakan dalam bits per second (bps), artinya berapa bit data yang dapat dipindahkan dari satu komputer ke komputer lain dalam tiap detiknya.
Ukuran kecepatan akses internet dinyatakan dengan byte per second disingkat Bps atau bit per second disingkat bps.
1 Bps = 8 bps (bit per second)
       Ukuran kecepatan yang lain :
1 KBps = 1000 Bps         (Kilo Byte per second)
1 MBps = 1000 KBps      (Mega Byte per second)
1 GBps = 1000 MBps      (Giga Byte per second)
1 TBps = 1000 GBps       (Tera Byte per second)
       By crayonpedia
Faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan akses internet dipengaruhi oleh :
1. Faktor internal (faktor yang disebabkan dari dalam) :
       Perangkat Keras (Hardware)
       Perangkat Lunak (Software)
2. Faktor eksternal (faktor yang yang disebabkan dari luar) :
       Kepadatan lalu lintas jaringan
         ISP
Kecepatan Transfer Data di Internet
by pengetahuan kita
Terkait dengan kecepatan transfer data, ada beberapa komponen yang menentukan hal tersebut, antara lain:  Bandwidth,  Server Proxy,  Backbone,  Keamanan Data,  Layanan yang Diberikan dan Teknologi yang Digunakan.
Bandwitch
Bandwidth adalah lebar saluran data yang dilewati secara bersama-sama oleh data-data yang di transfer. bandwidth dimiliki sebuah ISP untuk mengetahui kemampuan ISP mentransfer data. Bandwidth paling banyak digunakan sebagai ukuran kecepatan aliran data. Bandwidth adalah suatu ukuran dari banyaknya informasi yang dapat mengalir dari suatu tempat ke tempat lain dalam suatu waktu tertentu. Bandwidth dapat dipakai untuk mengukur baik aliran data analog mau pun aliran data digital. Satuan yang dipakai untuk bandwidth adalah bits per second. bahwa bit atau binary digit adalah basis angka yang terdiri dari angka 0 dan 1. Satuan ini menggambarkan seberapa banyak bit (angka 0 dan 1) yang dapat mengalir dari satu tempat ke tempat yang lain dalam setiap detiknya melalui suatu media.
Troughput
Throughput adalah bandwidth aktual yang terukur pada suatu ukuran waktu tertentu dalam suatu hari menggunakan rute internet yang spesifik ketika sedang mendownload suatu file.
                Throughput walau pun memiliki satuan dan rumus yang sama dengan bandwidth.throughput  menjelaskan bandwidth yang sebenarnya (aktual) pada suatu waktu tertentu dan pada kondisi dan jaringan internet tertentu yang digunakan untuk mendownload suatu file dengan ukuran tertentu.
Beberapa faktor yang menentukan bandwidth dan throughput adalah:
§ Piranti jaringan
§ Tipe data yang ditransfer
§ Topologi jaringan
§ Banyaknya pengguna jaringan
§ Spesifikasi komputer client/user
§ Spesifikasi komputer server
§ Induksi listrik dan cuaca
Server Proxy
Untuk mempermudah pelayanan, maka alamat pelanggan harus tersimpan dengan baik. Server proxy berfungsi untuk menyimpan alamat-alamat favorit pelanggan. Dengan adanya server proxy, pelanggan dapat mengakses website-website favoritnya dengan lebih cepat. Hal ini disebabkan server tersebut menyimpan halaman-halaman web yang sering dikunjungi. Sehingga jika pelanggan mengunjungi website favoritnya, pelanggan tidak perlu dengan server website tersebut, tetapi cukup terhubung langsung dengan server proxy ISP. Server proxy akan menghemat penggunaan bandwidth karena pelanggan tidak perlu lagi terkoneksi langsung ke website yang sering dikunjungi.
Backbone
Backbone adalah saluran koneksi utama jaringan ISP dengan internet. Membuat sebuah backbone memerlukan teknologi yang tinggi dan dana yang besar. Kebanyakan ISP menyewa backbone dari perusahan lain atau menggunakan bersama-sama dengan ISP lain. Penggunaan backbone secara bersama-sama dapat menghemat biaya namun mengurangi kecepatan akses masing-masing ISP.
Keamanan Data
Data yang dipindahkan harus aman dari gangguan berupa kelengkapan data maupun kualitas data. sistem jaringan perlu menyediakan pengamanan data. Transaksi internet rawan terhadap pembajakan. Hal ini berpengaruh kepada kecepatan akses data terutama pada saat kita upload (memasukan data dari komputer lokal ke komputer server di internet) dan download (mengambil data dari internet), sehingga proses berjalan dengan lancar.
Layanan yang diberikan
Kita juga perlu mengetahui layanan apa saja yang disediakan oleh sebuah ISP. Apakah ISP tersebut memberikan account e-mail, berapa besar account e-mail yang disediakan, apakah ISP tersebut dilengkapi dengan spam filter, dan berbagai layanan yang lain. Hal ini berfungsi untuk kecepatan akses internet terutama dalam penggunaan e-mail yang cepat dan besarnya kafasitas account yang dapat digunakan, sehingga penggunaan layanan ini dapat kita gunakan dengan maksimal.
Teknologi yang digunakan
Kita juga perlu mengetahui teknologi apa saja yang dimiliki oleh ISP untuk meningkatkan kinerjanya. Saat ini, teknologi kompresi data memungkinkan transfer data menjadi lebih cepat. Perlu diketahui  sebuah ISP didukung oleh teknologi semacam ini. Hal ini demi kenyamanan dan kecepatan kita dalam akses internet, ISP tersebut harus selalu up-date terhadap perubahan teknologi sehingga dapat memuaskan seluruh layanan yang disediakan kepada semua pelaggan
Test Kecepatan Akses Internet Anda
www.tasikisme.com
 memanfaatkan jasa-jasa website  berikut:
Inilah salah satu internet speed test terbaik yang ada di muka bumi ini. berbagai pilihan lokasi yang tersedia, dapat leluasa melakukan test kecepatan internet. layanan speed test gratis. di Speedtest.net disediakan menu log untuk mencatat test-test yang dilakukan, bila itu belum juga cukup, bisa mengirimkan hasil test internet ke orang lain.
THANK YOU

Tidak ada komentar:

Posting Komentar